Memulai Usaha


Banyak orang memiliki ide-ide besar tentang sebuah bisnis namun hanya berhenti sejauh ide saja. Lebih banyak orang yang memiliki ide besar berwirausaha namun tidak berbuat apa-apa dibandingkan dengan orang yang bermimpi besar namun berbuat untuk mewujudkannya. 
Wirausaha memang bukan sekedar teori atau cita-cita saja,tetapi juga keberanian mengambil tindakan dan keputusan. Bahkan ada yang mengatakan bahwa wirausaha itu adalah lakukan saja apa yang ingin dijalankan dalam sebuah bisnis tidak usah berfikir macam-macam.

Membangun sebuah usaha dengan jalan wirausaha memang tidak diperlukan teori yang mukuk-muluk, tetapi butuh action. Memang pengetahuan mengenai usaha yang akan dijalankan itu perlu, namun jangan sampai itu menjadi hambatan. “Saya akan mulai usaha besok saja jika sudah terampil dalam bidang tertentu” Sering orang mengatakan demikian.

Sebenarnya modal niat dan passion saja sudah cukup untuk mewujudkan keinginan berwirausaha. Masalah keterampilan dan pengetahuan bisa dicari dan diupgrade sambil jalan. Yang penting ada tindakan kongkrit bagaimana usaha itu bisa diwujudkan.

Agar anda semakin cepat dan mudah mewujudkan niat dalam berwirausaha ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Mencari teman-teman baru. Dunia bisnis memerlukan networking yang kuat dan banyak, Cari teman-teman dari sejumlah pengusaha, tidak harus pengusaha kaya tetapi bisa dengan pengusaha biasa di dekat anda. Ini penting untuk memberikan wawasan yang lebih luas mengenai wirausaha dan memberikan motivasi dalam berwirausaha. Pergaulan dengan teaman-teman pelaku wirausaha ini bisa memanfaatkan jejaring sosial, forum-forum di Internet dan lain-lain.

2. Pilih sejumlah pelaku usaha sebagai panutan. Pelaku usaha yang dijadikan contoh kiranya yang sudah terbukti kesuksesannya di dunia usaha. Mungkin kita tidak bisa berbincang dengan mereka secara dekat, tapi kita bisa melakukan analisa kesuksesannya. Kita bisa memilih sejumlah merek ataupun perusahaan yang kita sukai.

3. Coba senangi bisnis kecil sebagai seorang pelanggan. Selain berteman dengan pengusaha, penting juga untuk berhubungan dengan bisnisnya. Tidak perlu langsung berpikir sebuah bisnis besar. Coba lirik sebuah bisnis kecil atau bisnis yang baru saja dimulai yang Anda sukai.

4. Melawan mitos berbicara bisnis. Maksudnya, sering kali calon pelaku usaha berpikir bahwa dibutuhkan pengetahuan dan keahlian yang mumpuni untuk memulai usaha. Padahal tidak perlu menjadi lulusan MBA untuk berwirausaha.

Mewujudkan mimpi dalam wirausaha tidak diperlukan pemikiran yang njlimet dan rumit, lakukan saja dan mengalir menjalani bisnis. Yang terpenting harus ada kemauan yang keras dan tekad yang kuat dalam bisnis. Jangan lupa anda tetap harus belajar meningkatkan diri dari orang-orang yang sukses berwirausaha. Kepercayaan diri anda akan meningkat seiring dengan bertambahnya wawasan wirausaha dan demikian pula dengan bisnis anda. Selamat berwirausaha.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memulai Usaha"

Post a Comment

Ketentuan komentar:

1. Komen bersifat positif, merupakan donasi semangat untuk admin blog.
2. link tidak boleh di sertakan.
3. Jangan menyertakan link menuju ke situs dengan konten apapun yang melanggar hukum Allah SWT, baik itu didalam komentar maupun pada URL Name anda.

Terimakasih.