Manajemen Waktu (part 1)


Waktu adalah Elemen Kehidupan
Albert Einstein
Waktu adalah harta paling berharga milik Anda. Sekali waktu berlalu, waktu berlalu untuk selamanya. Tidak ada manusia yang bisa kembali ke masa lampau. Adalah sangat penting untuk mengelola waktu dengan sebaik mungkin yang kita mampu. Semakin baik kita mengelola waktu, maka semakin baik kehidupan kita. Sebaliknya, semakin buruk kita mengelola waktu, maka semakin buruk pula kehidupan kita. Berikut ini adalah tips yang bisa Anda terapkan untuk mampu mengelola waktu dengan lebih baik.

1. Tetapkan Tujuan Bernilai Tinggi
Tujuan bernilai tinggi sangat penting. Kemampuan Anda dalam menetapkan dan meraih tujuan bernilai tinggi bisa membuat perbedaan yang besar atas hasil-hasil dari setiap usaha Anda. Fokuskan diri Anda untuk menetapkan dan meraih tujuan bernilai tambah tinggi yang bisa menciptakan kemajuan pesat dari usaha-usaha yang Anda kerjakan. Meluangkan waktu untuk menetapkan skala prioritas guna menetapkan tujuan bernilai tinggi akan menciptakan kemajuan pesat pada kehidupan Anda.

2. Focus
Fokus sangat penting. Inti dari prinsip fokus adalah seberapa tingkat kepentingan dari aktivitas yang kita laksanakan. Semakin penting suatu pekerjaan, maka samakin tinggi pula tingkat prioritas dari pekerjaan tersebut. Kuncinya adalah menfokuskan usaha-usaha kita pada aktivitas bernilai tinggi yang memberikan hasil-hasil terbaik. Semakin tinggi tingkat kompetensi kita dalam menetapkan skala prioritas dan menfokuskan waktu dan usaha pada aktivitas bernilai tinggi, maka semakin tinggi pula kemampuan kita untuk merealisasikan tujuan bernilai tambah tinggi.

3. Pahami dan Terapkan Proses Terbaik
Dalam setiap usaha yang manusia jalankan untuk meraih tujuan, ada proses-proses penting yang harus dikerjakan secara tuntas. Kesalahan dilakukan oleh kebanyakan orang adalah berusaha meraih tujuan dengan jalan pintas, tidak mau melalui proses-proses penting yang untuk memastikan keberhasilan. Jika proses yang penting ini dilewati, maka hasil kita petik akan jauh dari harapan. Semua proses penting harus dikerjakan. Pahami konsekuensi dari jalan pintas yang Anda gunakan karena jika tidak berhati-hati, jalan pintas yang tadinya hendak digunakan untuk mempercepat, justru malah memperlambat.

4. Miliki Sikap Disiplin
Disiplin adalah merupakan sikap sangat penting untuk diterapkan jika kita ingin berhasil dalam apapun yang kita kerjakan. Keberhasilan seseorang berbanding lurus dengan tingkat kedisiplinan yang dia miliki. Sikap dan mental manusia yang disiplin memahami bahwa tujuan bernilai tinggi harus ditetapkan dan diraih dengan usaha yang bersungguh-sungguh. Disiplin menunjukan kesungguhan dalam berusaha. Betapapun bagus tujuan yang telah ditetapkan, tetapi jika tidak disertai dengan sikap mental manusia yang berdisiplin, maka akan sangat sulit untuk meraih tujuan tersebut.

5. Tingkatkan Efisiensi Proses
Periksa ulang proses yang Anda gunakan untuk meraih tujuan. Lihat apakah proses tersebut bisa disederhanakan. Efisiensi merupakan cara untuk menghemat banyak waktu yang berharga. Efisiensi bukan bermakna bahwa Anda mengambil jalan pintas. Efisiensi berkaitan dengan menyederhanakan proses yang ada tetapi dengan hasil yang sama atau bahkan lebih baik. Jalan pintas seringkali menghilangkan proses yang penting, sedangkan meningkatkan efisiensi adalah menyederhanakan cara kerja sambil terus meningkatkan kualitas outputs. Prinsip yang penting untuk dipahami adalah: semakin berkualitas suatu proses, maka semakin meningkat pula hasil-hasil yang bisa kita panen.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manajemen Waktu (part 1)"

Post a Comment

Ketentuan komentar:

1. Komen bersifat positif, merupakan donasi semangat untuk admin blog.
2. link tidak boleh di sertakan.
3. Jangan menyertakan link menuju ke situs dengan konten apapun yang melanggar hukum Allah SWT, baik itu didalam komentar maupun pada URL Name anda.

Terimakasih.