Merakit PC (Komputer)

MERAKIT PC
(KOMPUTER)






KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT yang mana telah melimpahkan rahmatnya, sehingga dapat menyusun sebuah artikel tentang          “ Merakit PC”.Rasa terimakasih juga kami sampaikan kepada Bapak dan Ibu guru yang selalu senantiasa memberikan bimbingan kepada kami.
Selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, artikel ini dibuat untuk semua kalangan, terutama bagi orang awam terhadap teknologi komputer dan belum tahu menahu tentang bagaimana cara  merakit sebuah PC.Artikel ini kami susun dengan harapan dapat disebar luaskan keseluruh kalangan, sehingga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kami berharap agar artikel ini dapat memberikan sumbangan yang berarti bagi pengembangan pendidikan, khususnya mata  pelajaran TIK (teknologi informasi dan komunikasi).
Kami mengakui bahwa uraian dari artikel yang kami buat masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu saran dan pendapat dari berbagagi pihak demi perbaikan dan penyempurnaan isi artikel ini akan kami terima dengan senatiasa.


Purwosari, Oktober 2010

Penulis







Alat:
1.        obeng plus – minus : Untuk mengencangkan dan mengendorkan sekrup
Obeng Minus


Obeng Plus
 
2.      Tang potong 
 
3.      Tang cucut
4.     Tang kombinasi
 
5.      Gelang anti statik


Bahan:
1.        Processor
2.      Heatsink 
3.     Power supply
4.     Mottherboard
5.      RAM
6.     DVD ROM
7.      Harddisk
8.      Kabel data
9.     Casing


KET bahan yang digunakan :
1.        Chipset :Processor Intel©’03,pentium®4. 2.40 GHz / 1 M / 533 SL7E8 MALAY L416B274
2.      Power supply :SIM – X , Simbadda,Model :52 – 350 wp4
3.      DVD ROM :DVD/CD REWRITWBLE DRIVE, Model :50 HW – 8125 GE040LO
4.     HARDDISK :Maxtor 3.5 series,DamondMay Plus 8 ATA 133 HDD 40 GB
5.      Motherboard : jenis MS – 6787 VER : 2









Dalam merakirt sebuah PC kita harus mempunyai tahapan – tahapan terlebih dahulu.Tahapan – tahapan itu teridiri dari :

1.        Persiapan
2.      Langkah – langkah merakit
3.      Pengujian
A.Persiapan
                   Sebelum kita akan memulai merakit sebuah PC,sebaiknya kita mencari tempat yang nyaman buat merakit.Setelah itu kita juga menyiapkan semua bahan dan alat yang diperlukan.Jangan lupa untuk memakai gelang anti static agar terhindar dari tegangan listrik.Nah,saatnya mari kita memulai untuk merakit.

B.Langkah – langkah merakit :
Dalam tahap ke 1,2 dan 3 untuk penyiapan Motherboard.
1       Kita memasang sebuah prosessor (CPU) kedalam socket yang ada di motherboard.Nah,dalam pemasangan prosessor ini kita harus hati – hati.Saat pemasangannya kita harus teliti melihat kaki – kaki / pin (kita menyebutnya) yang berada diprosessor sebelum dimasukkan, kaki – kaki / pinnya posisinya harus sama dengan lubang socket yang ada dimotherboard.Setelah kita yakin posisinya sudah tepat,nah baru kita masukkan prosessornya.Kemudian kita kunci dengan pengait yang ada disamping prosessor.
memasukkan prosessor ke socket


saat akan mengunci processor


processor yang akan dikunci


keadaan pocessor yang berada disocket yang telah dikunci
2       Setelah pemasangan prosessor sudah beres, saatnya untuk memasang heatsink.Pemasangan heatsink ini tidaklah mudah dan kita harus hati – hati.Jangan lupa memberikan pasta/pendingin prosessor diatas prosessor gunanya ini untuk pendingin bagi prosessor agar tidak cepat panas.setelah itu barulah siap untuk memasangnya.Saat memasangnya perhatikan kaki – kakinya,pastikan kakinya sejajar dan pastikan kakinya menancap dengan baik.
saat pemasangan heatsink


mengunci heatsimk


keadaan heatsink yang sudah dikunci
3       Pasang RAM dimotherboad tepatnya di DDR MEMORY SLOT.Pastikan kaki RAMnya sama dengan slot memorinya.Saatnya memasangnya lihat posisi kaki RAM sama dengan slotnya.Setelah itu tekan RAM hingga menancap dengan baik usahakan biar RAM terkunci sendiri.
pemasangan RAM (Random Access Memory)


keadaan RAM yang sudah dipasang
4       Nah,setelah menyelesaikan perlengkapan pada motherboard, sekarang kita memasang Power Supply pada casing.Pastikan posisi memasang sudah benar dan tepat,jangan sampai posisi terbalik.Setelah itu kencangkan sekrup yang berada dibelakang casing.
memasang power supply


pemasangan sekrup pada bagian belakang casing

5       Pasang motherboard pada casing dengan hati – hati.Perhatikan letak lubang sekrup berada di casing dan di motherboard.Kemudian pasang dengan tepat dan baik.Setelah itu jangan lupa pasang sekrup dan kecangkan.

pemasangan motherboard


pemasangan sekrup




6       Pasang CD ROM / DVD ROM.Cara memasang drivenya bukan dari dalam tapi dari luar kedalam.Sebelum memasang atur dulu letak jumper (sebagai master atau slave) pada drive.Setelah itu pasang sekrup yang berada disamping kanan dan kiri,
memasukkan CD / DVD ROM pada casing


pamasangan sekrup
7       Pasang floppy disk drive jika kita memerlukannya.Tapi saat ini jarang digunakan.Cara memasangnya sama dengan memasang CD / DVD ROOM.Tapi bedanya masukkannya bukan dari luar tapi kalau Floppy masukkannya dari dalam.


8.  Pasang Harddisk.Pemasangan harddisk ini dilakukan terakhir kali, karena jika dipasang terlebih dahulu takutnya nanti harddisknya tergores atau terbentur benda lainnya.Cara memasangnya sama dengan memasang Floppy Disk Drive dan kita harus lebih hati – hati.Setelah kita yakin sudah tepat,pasang sekrup yang berada disisi – sisi hardisk.Kencangkan sekrup jangan sampai harddisk bisa goyang.
pemasangan harddisk





8.     Periksa kembali semua yang telah kita pasang.Seperti sekrupnya dan kompponen – komponen lainnya.
9.     HUbungkan konektor power dari power supply ke motherboard. Konektor power jenis ATX hanya memiliki satu cara pemasangan sehingga tidak akan terbalik.
pemasangan kabel ATX
 
10.Hubungkan konektor kabel IDE ke drive (CD ROM/DVDROM) dan konektor di motherboard.


11. Hubungkan juga konektor kabel IDE ke drive (harddisk) dengan konektor di Motherboard.Bila kabel terhubung ke dua drive pastikan perbedaan setting jumper keduanya yakni drive pertama diset sebagai master dan lainnya sebagai slave.
12.Hubungan kabel konektor dari switch di panel depan casing, LED, speaker internal dan port yang terpasang di depan casing bila ada ke motherboard. Periksa diagram motherboard untuk mencari lokasi konektor yang tepat.



Kita sekarang memasuki langkah akhir untuk merakit pc.

13.Pasang kedua penutup casing dengan menggeser
14.Pasang konektor monitor ke port video card dan power yang terletak di belakang casing.
15.Hubungkan konektor kabel keyboard dan konektor mouse ke port mouse atau port serial ( tergantung jenis mouse)


16.Hubungkan eksternal lainnya seperti speaker dan microphone atau yang lainnya bila ada ke port yang sesuai.

 
SELAMAT MENCOBA DAN TERIMAKASIH !


DISUSUN OLEH :


DIDDIN WAHYU.O
DIMMAS WAHYU.S




SMKN 1 PURWOSARI
jl.raya purwosari - purwosari,pasuruan 67162
Telp :0343 - 613747, Fax :0343 - 614367


Webesite : www.smkn.1purwosari.net

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Merakit PC (Komputer)"

Ketentuan komentar:

1. Komen bersifat positif, merupakan donasi semangat untuk admin blog.
2. link tidak boleh di sertakan.
3. Jangan menyertakan link menuju ke situs dengan konten apapun yang melanggar hukum Allah SWT, baik itu didalam komentar maupun pada URL Name anda.

Terimakasih.