Manajemen Waktu (part 2)


6. Ciptakan Sinergi Saling Menguntungkan
Manusia adalah mahluk sosial. Kita tidak bisa mengerjakan semuanya sendiri. Melihat fakta ini, sangat penting untuk menjalin kerjasama atau sinergi saling menguntungkan dalam usaha-usaha yang kita kerjakan. Sinergi saling menguntungkan bisa diterapkan jika kita memiliki pemahaman yang akurat tentang sesama manusia. Setiap manusia diciptakan unik, keunikan-keunikan yang dimiliki manusia merupakan

7. Pilih Produk Berkualitas
Mengapa harus memilih produk yang kualitasnya di bawah standard hanya demi memburu barang murah, padahal jika produk berkualitas yang dipilih, maka secara jangka panjang justru lebih menguntungkan. Produk berkualitas memberikan nilai lebih banyak, tahan lama, dan memiliki nilai jual kembali lebih tinggi. Sebaliknya, produk murah yang berkualitas rendah justru cepat cepat masuk tempat sambah, dan justru mengakibatkan pemborosan. Apa kaitan produk berkualitas dengan waktu? Artinya adalah: fokuskan usaha-usaha Anda pada aktivitas berkualitas tinggi, yang memberikan nilai tambah tinggi, bukan pada kualitas bernilai tambah rendah, yang justru merugikan jika dihitung dari segi penggunaan waktu.

8. Manfaatkan Peluang Terbaik
Banyak peluang di luar sana, tetapi tidak semua peluang berguna untuk dimanfaatkan. Strategi terbaik yang bisa kita terapkan adalah memanfaatkan peluang terbaik. Bagaimana memahami bahwa suatu peluang adalah yang terbaik? Pahami bahwa peluang yang terbaik itu sesuai dengan karakteristik dari kekuatan atau kompetensi inti Anda. Kembangkan kompetensi Anda secara konstan dan berkesinambungan sehingga menjadi kompetensi inti yang bisa digunakan untuk memanfaatkan berbagai peluang terbaik.

9. Integrasikan Kualitas Terpadu
Menerapkan prinsip-prinsip kualitas terpadu atau kualitas total bisa melipatgandakan hasil-hasil yang Anda petik secara jangka pendek dan jangka panjang. Ini bermakna bahwa Anda menggabungkan berbagai aspek-aspek kualitas seperti: pola pikir, pengambilan keputusan, kepemimpinan, kepribadian, karakter, kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual. Kunci sukses dari manajemen waktu adalah meningkatkan kualitas secara konstan dan berkesinambungan.

10. Gunakan Kemampuan Berpikir Secara Optimal
Pikiran merupakan tempat di mana Anda memproses banyak informasi dan mengambil keputusan. Apapun yang manusia kerjakan berasal dari pikiran. Tuhan memberikan akal budi untuk berpikir. Semakin banyak Anda menggunakan kemampuan berpikir Anda, maka semakin berkembang otak Anda. Kecerdasan semakin meningkat semakin banyak Anda mengasah dan menggunakannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manajemen Waktu (part 2)"

Post a Comment

Ketentuan komentar:

1. Komen bersifat positif, merupakan donasi semangat untuk admin blog.
2. link tidak boleh di sertakan.
3. Jangan menyertakan link menuju ke situs dengan konten apapun yang melanggar hukum Allah SWT, baik itu didalam komentar maupun pada URL Name anda.

Terimakasih.