Review olx.co.id dalam Penerapan IT di Bidang Bisnis


gambar dari google


A. Profil OLX.co.id

OLX.co.id yang sebelumnya adalah tokobagus.com merupakan situs online classified ( situs jual beli ) di Indonesia. OLX.co.id sebagi media yang mudah, cepat dan gratis bagi para penjual untuk memasang iklan dan sekaligus bagi pembeli untuk mencari beragam produk yang terdaftar di situs OLX.co.id. Beragam produk dari produk bekas dan produk baru untuk kebutuhan sehari – hari.

B. Sistem Bisnis OLX.co.id

OLX.co.id memiliki sistem bisnis toko online penjualan barang (produk) mulai dari produk bekas sampai produk terbaru yang telah di upload oleh member atau orang yang terdaftar di OLX.co.id. Situs OLX bisa juga di sebut sebagai situs iklan. Jadi Setiap orang bisa menjual barangnya dengan memasang iklan di OLX melalui register atau mendaftar di situs OLX terlebih dahulu. Dan untuk memasang iklan di OLX adalah gratis.

Di situs OLX.co.id terdapat masa aktif di setiap iklan. Untuk Umum masa aktif iklan adalah 60 hari, setelah masa aktif iklan habis, iklan akan berstatus experied selama 30 hari (non-aktif) dan secara otomatis akan terdelete permanen. Untuk property masa aktif iklan adalah 180 hari, setelah masa aktif iklan habis, iklan akan berstatus experied 30 hari dan selanjutnya terdelete permanen seperti iklan untuk umum.

Dalam situs OLX terdapat Moderasi di setiap iklan. Moderasi ialah Proses quality control terhadap iklan yang telah di submit oleh pemasang iklan. Proses moderasi ini nantinya akan menyeleksi setiap iklan yang di submit apakah iklan layak di tayangkan atau tidak.

C. Sumber Pemasukan OLX.co.id

Sumber Pemasukan OLX.co.id ialah melalui promopoin. Promo poin adalah Layanan berbayar dari OLX.co.id untuk mengoptimalkan iklan member. Harga promopoin bervariasai. Setiap member bisa memilih nominal yang ingin di beli. Member membeli promopoin melalui Klik BCA.

D. Keunggulan dan Kelemahan OLX.co.id

     Keunggulan situs OLX.co.id, yaitu :

  • Setiap pengunjung atau calon pembeli dapat dengan mudah menemukan barang yang ingin di cari dan lokasi barang di jual. Karena OLX.co.id memberikan fasilitas pencarian dan fasilitas kategori dan fasilitas lokasi.
  • Calon pengiklan dengan mudah menjadi anggota atau member OLX hanya dengan masuk melalui akun facebook atau google plus, dan bisa juga daftar melalui email.
  • Situs OLX.co.id mudah di akses dan cepat untuk membukanya.
  • Tampilan OLX.co.id bagus, simple, rapi memudahkan setiap orang mencari atau membeli barang.


    Kelemahan Situs OLX.co.id, yaitu :


  • OLX.co.id terkadang tetap memasukkan barang yang tidak bergambar atau gambar produk tidak ada.
  • Harga dari OLX.co.id terkadang berbeda pada diskripsi produk yang di tulis oleh penjual.
  • Promopoin hanyak bisa di nikmati oleh penjual yang memiliki klikbca. Hanya orang tertentu saja


Kesimpulan :

OLX.co.id adalah situs penyedia iklan untuk orang – orang yang ingin menjual barangnya sehingga orang dengan mudah menjual barang mereka dengan cepat. Untuk bisa mendaftar juga mudah bisa melalui akun facebook atau akun email. Di OLX.co.id, calon pembeli juga akan mudah menemukan barang yang akan di beli. Setiap pembeli di sarankan untuk COD (cash on delivery) dalam pembelian produk karena bisa juga pengiklan di OLX.co.id ada orang – orang yang tidak bertanggung jawab.

sekian dari saya @diddinwo
Wassalamu'alaikum wr.wb

BANNER FREE MEMBER

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Review olx.co.id dalam Penerapan IT di Bidang Bisnis"

Post a Comment

Ketentuan komentar:

1. Komen bersifat positif, merupakan donasi semangat untuk admin blog.
2. link tidak boleh di sertakan.
3. Jangan menyertakan link menuju ke situs dengan konten apapun yang melanggar hukum Allah SWT, baik itu didalam komentar maupun pada URL Name anda.

Terimakasih.