Tips mengelola gaji yang terkadang hilang tak tau rimbanya

ilustrasi dari google
assalamu'alaikum wr.wb sobat blogger..

setiap karyawan sangat menanti setiap pertengahan bulan atau akhir bulan. Apa yang mereka nantikan ?? mereka menanti Gaji. Sungguh sesuatu yang sangat di nanti setiap karyawan.Tetapi setelah karyawan mendapat Gaji, apa yang mereka lakukan terhadap gaji tersebut ? apakah Gaji itu selalu habis di pertengahan bulan? di gunakan untuk belanja yang sampe remnya blong. :D mumpung masih gaji kalau kendaraan gimana ? bisa berabe kan.

Kalau gaji udah habis di pertengahan bulan berarti ada yang salah dengan pengelolaan uang setiap bulannya. Mungkin kerap merasa, perusahaan memberikan gaji yang terlalu kecil dan pemasukan selalu tidak bisa mencukupi pengeluaran.

Mungkin sebenarnya gaji itu sudah lebih dari cukup, hanya saja anda lebih banyak menggunakan gaji itu untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Sebelum kebiasaan buruk anda ini jadi bencana keuangan, simak beberapa solusi agar anda bisa menyimpan gaji bulanan, seperti berikut ini.


1. Sisihkan Gaji

Sisihkan gaji 10% - 30% persen setelah menerima gaji, lalu simpan di rekening bank yang khusus untuk menabung. Usahakan jangan pernah memakai uang yang berada di bank tersebut. Agar tidak tergoda untuk melakukan penarikan uang, jangan membuat fasilitas kartu ATM pada akun bank tersebut. ATM hanya memberikan kemudahan untuk anda menarik uang bisa jadi tanpa sadar jika anda membuatnya gaji tersebut habis.

2. Buat Prioritas

Buatlah prioritas dalam pengeluaran. Dahulukan membayar tagihan-tagihan atau hutang  sebelum membelanjakan uang untuk kepuasan semata. agan harus menyisihkan uang di awal untuk membayar tagihan-tagihan tersebut. Anda harus cepat mengetahui antara kebutuhan dan keinginan semata.

3. Jangan Belanjakan Sekaligus.

Saat menerima gaji, jangan membelanjakan uang agan sekaligus. Rencanakan setiap bulan seberapa banyak anda akan mengeluarkan uang untuk belanja dan taat pada rencana tersebut.

4. Bijak Saat Berbelanja.

Jangan membeli berdasarkan keinginan, namun berdasarkan kebutuhan. Saat anda berpikir membutuhkan tas baru, pikirkan dua kali, apakah tas lama agan benar-benar tidak bisa dipakai sampai harus membeli yang baru? Jika tidak, bahkan mungkin masih ada beberapa tas di dalam lemari, sebaiknya alokasikan untuk keperluan lain yang lebih penting, atau ditabung.

5. Belanja Sesuai Kemampuan.

Berbelanjalah sesuai uang yang anda punya bulan ini, bukan berdasarkan seberapa uang atau bonus yang akan anda dapat di kemudian hari. Ingat, jangan mengeluarkan uang untuk keperluan tidak penting dan berharap akan mendapatkan uang ekstra setelahnya.


6. Investasi

Investasikan gaji anda dengan membuka reksadana atau mendepositokan uang yang bisa di tarik sesuai persetujuan. Dengan cara ini anda seperti menabung disiplin.

ini hanya poin - poin besar untuk mengelola gaji anda. Selanjut semoga lebih rinci untuk membahas pengelolaan keuangan dan juga perencanaan keuangan.

Dari berbagai sumber. BANNER FREE MEMBER

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips mengelola gaji yang terkadang hilang tak tau rimbanya"

Post a Comment

Ketentuan komentar:

1. Komen bersifat positif, merupakan donasi semangat untuk admin blog.
2. link tidak boleh di sertakan.
3. Jangan menyertakan link menuju ke situs dengan konten apapun yang melanggar hukum Allah SWT, baik itu didalam komentar maupun pada URL Name anda.

Terimakasih.