Installasi Suse 11.3

Cara Menginstal Operasi System
LINUX – OPEN SUSE
( GUI Mode )

Gambar cover linux open suse 11.3

Gambar diatas merupakan cover dari operasi system open suse versi 11.3. Gambar yang akan kita jumpai sebelum menginstal operasi system linux open suse. Simbol dari linux open suse adalah binatang bunglon. Beberapa sumber mengartikan linux open suse memilih symbol binatang bunglon karena binatang bunglon dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungannya, begitupun juga dengan open suse yang dapat menyesuaikan diri terhadap operasi system lainnya. Beberapa sumber mengatakan penggunaan open suse itu mudah,sekarang perkembangan linux sangat pesat karena linux itu sifatnya open source yaitu dapat dikembangkan dan digunakan tanpa licens, tapi saya masih belajar dengan penggunaan operasi system linux – open suse ini. Jadi, jika ada salah kata/kalimat dengan artikel yang akan saya buat “cara menginstal operasi System linux – Open Suse” mohon saran dari anda. Kita bisa saling berbagi ilmu . . . . . ^_^



Nah, saya akan memulai artikel ini sesuai dengan judul yang telah saya  tentukan.  Sebelumnya sudah tentu kita harus mempunyai cd / file iso operasi system open suse untuk dapat menggunakannya.

Tahap 1 :
Siapkan CD operasi system linux open suse yang sudah anda miliki, kalau saya menggunakan open suse versi 11.3. Siapkan juga computer atau laptop yang akan diinstal dengan baik.

Tahap 2 :
Setting boot pada BIOS ( basic input output system ) pada pc anda. Yang belum tahu cara menagturnya, nih saya punya sedikit info untuk mengatur penyetingan BIOS. Kita bisa masuk pada BIOS dengan menekan tombol F2 atau Del ( sesuai dengan BIOS yang digunakan ). Tekan pada saat pc baru dihidupkan.

Atur pada menu boot seperti gambar diatas, aturlah first boot untuk CD – ROM, second boot untuk harddisk.

Tahap 3 :
Masukkan CD open suse terlebih dahulu sebelum keluar dari bios dan setelah itu tekan tombol F10 untuk keluar dan menyimpannya.

Setelah muncul proses seperti gambar diatas tekan enter. Setelah itu computer akan melakukan restart.


Jika muncul proses seperti gambar Tekan tombol enter atau tombol sembarang untuk memulai proses boot pada CD.

Tahap 4 :


 Akan muncul proses loading dan anda tunggu sebentar sampai proses loading itu selesei ^_^.


 
Tahap 5 :
 Pada menu installation tekan tombol enter untuk dapat memulai proses installation.

Tahap 6 :

Nah, saat ini anda berada pada jendela kedua untuk melakukan installasi. Pada open suse bertuliskan welcome yang berarti selamat datang.


Dalam jendela ini terlebih dahulu anda bisa menyeting language ( bahasa ), keyboard layout  ( lembar pada keyboard ). Disini saya menggunakan default yang telah ditentukan. Anda juga dapat membaca license agreement yaitu sebuah persetujuan.
Klik next untuk melanjutkan ke jendela selanjutnya.
( jika anda ingin membatalkannya anda bisa klik abort )

Tahap  7 :

Dibawah ini merupakan bentuk instalasi yang ingin anda gunakan.


Anda hanya dapat memilih new installation yaitu installasi baru karena sebelumnya kita belum pernah menginstal open suse ini.klik next.
( jika anda sudah mempunyai installannya anda bisa meng-updatenya )

Tahap 8 :

Jendela penyetingan zona waktu,jam dan tanggal.


Anda dapat memilih waktu yang anda inginkan ( seperti gambar yang saya miliki ). Jika ingin tanggal dan jam pilih saja change.
Setelah itu pilih saja next.

Tahap  9 :

 Pada jendela ini anda harus memilih Jenis tampilan.


Pada open suse anda dapat memilih desktop ( jenis tampilan ) yang anda inginkan. Ada 3 jenis tampilan yang disediakan oleh open suse ini. Tampilan itu terdiri dari GNOME Desktop, KDE Desktop dan Other. Nah, pada tampilan GNOME dan KDE ini, merupakan tampilan berbasis GUI sedangkan pada menu other anda akan jenis desktop teks mode yaitu tampilan yang hanya berupa teks saja. Kalau tentang apa perbedaan antara GNOME dan KDE, maaf saya belum mempelajarinya lebih jauh. Menurut apa yang saya dengar dari lingkungan bahwasannya tampilan pada KDE Desktop itu lebih berat dari papa tampilan pada GNOME Desktop.

Karena saya membuat artikel ini untuk open suse yang berbasis GUI ( graphical user interface ), saya memilih GNOME untuk tampilan pada desktop saya. Nah, setelah anda memilih,anda pilih next untuk menuju proses selanjutnya.

Tahap 10 :

Pada jendela ini anda harus mengatur partisi harddisk untuk open suse anda.




 
Open suse menyediakan partisi automatis yang langsung dengan sendirinya membuat partisi dan jika anda menggunakan manual anda harus mengatur sendiri pembuatan partisi. Anda bissa meng-klik edit partition setting jika anda akan mengedit / mengatur partisi. Pada pengaturan pembuatan partisi pada open suse banyak orang yang salah dalam mengatur partisi ini ( termasuk saya ).
Untuk membuat partisi open suse seperti membuat partisi pada windows, jika pada windows partisi utama disebut primary partition sedangkan pada open suse partisi utama disebut root ( / ). Dan jika pada windows jenis filenya ada FAT,FAT 32,NTFS ,dll sedangkan pada open suse ada ext2, ext3, ext4 dan swap.
Saya ingin berbagi ilmu sedikit untuk membuat partisi manual, pertama anda harus membuat root yang minimal kapasitasnya 2 GB. Kedua anda buat swap yang kapasitasnya 2x dari memory anda,jika memory anda 1 GB buat swap menjadi 2 GB, selanjutnya anda bisa buat /home yang kapasitasnya terserah anda, anda juga bisa membuat /user dll.
Disini saya menggunakan partisi. Anda klik next untuk menuju jendela selanjutnya.

Tahap 11 :
Jendela untuk pengaturan pengguna




Anda harus mengisi kolom yang telah disediakan karena anda sebagai pengguna baru.
Jika anda sudah mengisi .untuk selanjutnya anda klik next. Akan muncul kotak dialog sperti diatas, itu merupakan persetujuan menggunakan password yang anda tentukan, langsung saja pilih yes jika anda setuju.


Tahap 12 :
Jendela pengaturan instalasi

 
Jendela ini merupakan tampilan setting instalasi anda lakukan sebelumnya seperti partisi.
Selanjutnya klik next. Selanjutnya akan muncul kotak dialog konfirmasi instalasi.

 Jika anda sudah yakin anda klik saja install dan jika anda belum yakin anda bisa kembali dengan meng-klik back.

Tahap 13 :


 Nah, ini merupakan proses instalasi. Tunggu saja sampai proses ini selesai hingga sampai pada jendela konfigurasi.


 
Tunggu saja sampai semua proses selesai..

Setelah beberapa menit menuggu, selesailah proses instalasi.


Nah, ini merupakan tampilan open suse 11.3 yang berbasis GUI. Anda sekarang dapat menggunakan open suse 11.3


Untuk terakhir kalinya, terimakasih anda telah membaca artikel yang saya buat, semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Untuk memperoleh hasil yang lebih baik, mohon saran dan kritikan dari anda.

Thanks to :
  • Allah SWT
  • Bapak / ibu guru
  • Ibuk / bapak ( orang tua )
  • Teman – teman.
  •  saudaraku seperjuangan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Installasi Suse 11.3"

Post a Comment

Ketentuan komentar:

1. Komen bersifat positif, merupakan donasi semangat untuk admin blog.
2. link tidak boleh di sertakan.
3. Jangan menyertakan link menuju ke situs dengan konten apapun yang melanggar hukum Allah SWT, baik itu didalam komentar maupun pada URL Name anda.

Terimakasih.